foto1
Kecamatan Wonoasih
foto1
Kecamatan Wonoasih
foto1
Kecamatan Wonoasih
foto1
Kecamatan Wonoasih
foto1
Kecamatan Wonoasih
Visi Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo “TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA MENUJU KECAMATAN WONOASIH YANG PARTISIPATIF, AMAN DAN SEJATERA BERKELANJUTAN” Read More...

Kecamatan Wonoasih

Kota Probolinggo

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana instansi pemerintah harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi tidak lain adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh Instansi Pemerintah.


Pengertian visi menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2010 adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Hal ini berarti Visi Kecamatan Wonoasih yang tercantum dalam Renstra ini adalah merupakan keadaan yang ingin diwujudkan pada tahun 2019 mendatang. maka sesuai ketentuan pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 perumusan Renstra SKPD Tahun 2015-2019 ini harus menjabarkan visi, misi, tujuan dan sasaran penyusunannya berpedoman pada RPJMD Kota Probolinggo Tahun 2015-2019 dan memperhatikan RPJMD Provinsi Jawa Timur dan RPJM Nasional. Oleh karenanya dengan memperhatikan ketentuan tersebut serta mempertimbangkan pula potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang serta isu-isu strategis yang terjadi. Dengan mengacu pada batasan tersebut, Visi Kecamatan Wonoasih  Kota Probolinggo dijabarkan sebagai berikut :  

 

“TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA MENUJU KECAMATAN WONOASIH YANG PARTISIPATIF, AMAN DAN SEJATERA BERKELANJUTAN”

 

Pemahaman atas pernyataan visi tersebut mengandung makna menciptkan pelayanan yang optimal dengan terjalinnya sinergi yang dinamis antara seluruh aparatur Kecamatan Wonoasih dengan seluruh Pemerintah Kelurahan serta masyarakat dalam merealisasikan seluruh peran dan fungsi  masing-masing secara terpadu dan berkelanjutan.


Secara filosofi visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung di dalamnya, yaitu :
1.    PELAYANAN PRIMA : adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini Kecamatan Wonoasih melebihi standar pelayanan yang ada sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai pelaksanaan peraturan perundang-undangan
2.    PARTISIPATIF : adalah suatu kesediaan untuk membantu berhasilnya setiap program sesuai kemampuan setiap orang melalui saran dan keterlibatan langsung tanpa mengorbankan kepentingan diri sendiri.
3.    AMAN : adalah suatu kondisi atau keadaan yang menggambarkan suatu wilayah mampu meminimalisir ataupun terhindar dari segala macam bentuk gangguan keamanan dan ketertiban baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.    SEJAHTERA BERKELANJUTAN : adalah menggambarkan derajat kehidupan masyarakat yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, serta lingkungan fisik, sosial dan religius sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang sejahtera tanpa mengurangi kebutuhan generasi yang akan datang.
Untuk mewujudkan Visi Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo di masa mendatang, ditetapkan Misi sebagai berikut :


1.    MENINGKATKAN KUALITAS DAN KINERJA PELAYANAN
Misi ini adalah untuk menciptakan suatu pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dengan ditopang oleh sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
2.    MENINGKATKAN KINERJA PEMBANGUNAN YANG BERBASIS PADA MASYARAKAT DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN
Misi ini adalah untuk menciptakan suatu system pembangunan yang bersumber pada inisiatif,prakarsa antara pemerintah dan masyarakat serta berorientasi pada kelestarian lingkungan.

3.    MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN YANG BERKUALITAS
Misi ini adalah untuk menciptakan suatu pemerintahan yang mampu memberikan jaminan rasa aman bagi warga masyarakat dengan menggerakkan sistem keamanan swakarsa di lingkungan masyarakat.

4.    MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM RANGKA OPTIMALISASI PAD
Misi ini adalah untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi kreatif bagi pelaku UKM di wilayah Kecamatan Wonoasih sehingga nantinya UKM tersebut bisa mandiri dan mampu berkembang sebagai kekuatan ekonomi di wilayah Kecamatan Wonoasih dan memiliki daya saing,selain itu juga bisa mengoptimalkan potensi penerimaan PAD baik dari sector retribusi maupun dari sektor pajak.
5.    MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG SEHAT DAN SEJAHTERA
Misi ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia di Kecamatan Wonoasih yang sehat dan sejahtera melalui peningkatan kualitas taraf hidup keluarga dan masyarakat, serta meningkatkan kapasitas keluarga miskin. Agar mereka bisa mandiri dan meningkatkan taraf hidupnya.