Keberadaan Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Kota Probolinggo mendapat apresiasi yang luar biasa dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini disampaikan dalam kunjungannya ke Kota Probolinggo untuk melaunching sekaligus meninjau KTS, Rabu (17/6) siang.
Kampung Tangguh yang diinisiasi oleh Kapolda Jawa Timur ini, mendapat support penuh dari TNI dan pemerintah. Di Kota Probolinggo, setiap KTS ada geliat ekonomi didalamnya seperti pasar murah hingga lumbung pangan. Tidak hanya itu, setiap KTS punya produk unggulan UMKM yang sangat menarik.
Dalam sambutan Vidcon dengan KTS Se-kota Probolinggo kemarin Walikota Probolinggo menyampaikan bahwa “Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan dan menggerakkan ekonomi di lingkungannya. Selain itu, kami juga mengkolaborasikan kegiatan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bisa dilaksanakan di Kampung Tangguh Semeru,”
Kota Probolinggo punya 30 kampung tangguh yang tersebar di 29 kelurahan. Selain itu, kota ini juga sudah membentuk 2 asrama tangguh, 6 industri tangguh, 2 pasar tangguh, 2 pondok pesantren tangguh, 2 kawasan wisata tangguh, 2 pelabuhan tangguh, tempat ibadah tangguh dan 5 posko penegakkan disiplin menuju kawasan tangguh.
Launching dilaksanakan melalui video conference (vidcon) dengan seluruh KTS di Command Center, Kantor Wali Kota. Hadir dalam kegiatan tersebut yang ikut mendamping Gubernur Khofifah Irdam V Brawijaya Brigjen TNI Arie Subekti, kepala OPD Pemprov Jatim, Wawali Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya dan Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo serta Sekda drg Ninik Ira Wibawati dan kepala OPD terkait.
Gubernur Jawa timur juga dalam sambutanya menyampaikan “Biasanya daerah lain itu satu kampung, di Kota Probolinggo sudah berkampung-kampung. Terima kasih semuanya. Kampung Tangguh ini tidak hanya saat COVID saja, harus punya ketangguhan sosial, ekonomi, ketahanan pangan dari lini paling bawah. Luar biasa di Kota Probolinggo juga ada pesantren tangguh, pasar tradisional tangguh dan lainnya,”
Dalam Kegiatan ini Camat Wonoasih besrta Muspika Wonoasih menggelar Vidcon bersama di Kelurahan Kedunggaleng bersama Lurah beserta Staf, dan Pokmas Kedungggaleng dan diikuti oleh KTS di masing-masing Kelurahan yang ada di Kecamatan Wonoasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here