WONOASIH – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan Laporan Hasil Audit Kearsipan Internal kepada Perangkat Daerah yang dinilai berhasil dalam mengelola arsip internal, diantaranya Bagian Pemerintahan, Kecamatan Wonoasih, Bagian Umum, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Laporan tersebut diserahkan langsung di Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota, Selasa (22/6).


Giat audit kearsipan itu meliputi aspek pengelolaan arsip dinamis dan aspek sumber daya kearsipan. Pada kedua aspek inilah, pengelolaan kearsipan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Ketika aspek tersebut dilaksanakan dan didukung dengan maksimal oleh semua OPD, maka nilai audit akan semakin baik. “Sebaliknya pula, makin baik nilai pengawasan kearsipan maka makin baik pula pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemkot Probolinggo,” ucap Habib Hadi.


Ia pun mengapresiasi perangkat daerah yang dengan sungguh-sungguh mengelola arsipnya dengan baik serta menyediakan depo atau gudang arsip untuk menyimpan arsipnya masing-masing.”Saya tekankan kepada masing-masing perangkat daerah untuk mempunyai gudang atau tempat khusus untuk menyimpan arsipnya. Sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi dan menjamin keamanan terhadap dokumen atau arsip yang disimpan,” serunya.


Tak hanya itu, Wali Kota Habib Hadi juga didapuk untuk membuka giat Sosialisasi Pengawasan Kearsipan dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkungan Pemkot Probolinggo, yang berlangsung sekira pukul 9 pagi itu.


Giat itu dimaksudkan untuk mengemban amanat reformasi birokrasi pada area perubahan tata laksana dengan indikator pengawasan kearsipan agar tertib arsip di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo semakin meningkat.

Kecamatan Wonoasih kota Probolinggo sendiri mendapatkan predikat Kategori Baik yang pada saat itu ditserahkan langsung oleh Bapak Walikota Probolinggo pada Camat Wonoasih di Gedung Puri Manggala Kota Probolinggo. Disela acara Camat Wonoasih menyampaikan ini semua berkat Tim Kearsipan yang ada di Kecamatan Wonoasih yang semakin menyadari akan pentingnya pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan tata kelola arsip sesuai dengan kaidah yang berlaku.


Sehingga peran pengelolaan arsip sendiri juga sangat penting dalam rangka menampilkan rekam jejak segala aktivitas pemerintahan dan merupakan salah satu unsur penting yang akan dinilai dalam keberhasilan penilaian reformasi birokrasi. Dengan pengawasan kearsipan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, diharapkan mampu mendorong terwujudnya penyelenggaraan kearsipan yang efektif dan efisien untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here