WONOASIH – Setelah beberapa waktu lalu Kota Probolinggo melaksanakan vaksinasi bagi Masyarakat umum di Kecamatan Wonoasih dan Ketua RT dan Ketua RW Se- kecamatan Wonoasih serta para pelajar yang ada di Kecamatan Wonoasih, ibu hamil dan juga masyarakat rentan jadi sasaran vaksinasi. Masyarakat rentan ini adalah penyandang disabilitas mulai dari disabilitas fisik, disabilitas intelektual (keterlambatan mental), disabilitas mental (ODGJ), disabilitas sensorik (tuna rungu dan tuna wicara).
Para penyandang difabel ini merupakan kelompok masyarakat yang perlu mendapat perhatian khusus termasuk dalam hal kesehatan, sehingga memprioritaskan para disabilitas mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi yang diberikan yakni vaksin khusus jenis sinopharm yang merupakan bantuan dari UEA (Uni Emirat Arab) yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.
Hal inilah yang disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wonoasih sesuai apa yang disampaikan oleh Ibu Penggerak PKK Kota Probolinggo berapa waktu lalu dalam acara Sosialisasi vaksinasi bagi penyandang disabilitas secara virtual di ruang rapat Kantor Wali kota Probolinggo, Senin (30/8)dengan didampingi Kepala Puskesmas Wonoasih dan Ketua TP PKK n kelurahan se- Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo,.
Mengingat pentingnya vaksinasi bagi penyandang disabilitas, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo menuturkan betapa tidak mudah melakukan program ini karena kurangnya informasi dan pemahaman mereka sehingga rentan terpapar Covid-19.
“Saya mohon ibu-ibu kader PKK dapat membantu secara aktif memberikan informasi kepada keluarga tentang manfaat vaksinasi dan bila ada yang setuju divaksin dapat segera disampaikan ke petugas kesehatan. Bila ada kendala penjemputan maka bisa menghubungi puskesmas untuk membantu,” urainya.
Ibu Dewi Deus Nawandi juga memberikan apresiasinya kepada seluruh kader kelurahan dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi hingga menjemput sendiri para difabel. “Terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah melaksanakan vaksinasi baik secara berkelompok maupun door to door. Dan juga para pendamping dari dinas sosial dan para kader yang telah berperan aktif,” ujarnya.
Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wonoasih juga berpesan agar tetap melaksanakan kegiatan balita sesuai dengan pedoman yang ada. “Saat ini sudah akhir bulan Agustus agar dipastikan semua balita di Kota Probolinggo mendapatkan vitamin A sesuai dengan kelompok umur masing-masing,”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here