KECAMATAN WONOASIH – Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, Minggu (5/9) pagi, mengunjungi bayi yang baru lahir tepat di Hari Jadi ke 662 Kota Probolinggo, yang jatuh pada 4 September 2021, di berbagai tempat di wilayah Kota Seribu Taman.

Dari 8 orang bayi yang lahir, 2 bayi dikunjungi di rumah sakit bersalin, 1 bayi di tempat bidan praktik dan sisanya di rumah masing-masing.

Didampingi Sekda drg Ninik Ira Wibawati, Asisten Perekonomian & Pembangunan Setiorini Sayekti, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sukam, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Fitriawati dan camat, Aminah Hadi memberikan bingkisan berupa paket sembako dan bingkisan perlengkapan bayi dari KDS, GM dan Sinar Terang.

Pada kesempatan tersebut, Aminah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemkot Probolinggo kepada masyarakat, yang terlahir bertepatan dengan hari jadi Kota Probolinggo.

“Bayi-bayi ini terlahir istimewa. Karena (kelahirannya) bertepatan dengan hari jadi Kota Probolinggo. Yaitu empat September,” ujar Aminah menerangkan tujuan kedatangannya.

Selain itu, Aminah Hadi juga menyerahkan akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK) baru dengan nama anak didalamnya dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah selesai administrasinya dan langsung tercatat di Dispendukcapil Kota Probolinggo.

Ia juga berpesan kepada ibu-ibu yang baru melahirkan itu, untuk menyusui bayinya secara eksklusif 6 bulan pertama hanya dengan Air Susu Ibu (ASI) saja. “Hanya ASI saja ya, enam bulan pertama. Jangan didulang nasi sama pisang,” katanya.

Sekda drg. Ninik Ira Wibawati yang hadir mewakili Pemerintah Kota Probolinggo mengatakan, pemberian bingkisan, KK, akte kelahiran dan KIA merupakan agenda rutin kegiatan setiap tahunnya. Yakni bertepatan dengan peringatan hari Jadi Kota Probolinggo.

“Jadi begitu bayi lahir, langsung diuruskan dokumen-dokumen bayi tersebut. Jadi bukan orang tua atau keluarganya lagi yang mengurus,” jelasnya.

Menanggapi kunjungan ini salah satu orangtua bayi mengaku terkejut dan terharu mendapat bingkisan dan ucapan selamat dari Ketua TP PKK Aminah Hadi beserta rombongan.

“Saya terharu dan tidak menyangka mendapat ucapan selamat dan diberi bingkisan. Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya Bu Wali beserta dokumen kependudukan berupa KK, Akte Kelahiran dan Kartu KIA. Semuanya gratis. Alhamdulillah,”



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here